Pengertian Sel dan Perbedaannya

Diposting pada
Loading...

Dalam pembelajaran ilmu biologi terdapat materi mengenai organisasi kehidupan, salah satu yang termasuk di dalamnya adalah sel. Sel merupakan kesatuan bagian terkecil dan fungsional pada suatu organisme. Lebih mudahnya pengertian sel adalah satuan terkecil penyusun makhluk hidup.

Menurut KBBI sel adalah bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri dari satu atau lebih inti, protopasma dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel. Sel mempunyai ukuran yang sangat kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop. Sel saraf adalah salah satu tipe sel yang dapat ditemukan pada tubuh manusia.

Sel saraf memiliki struktur yang mampu mengirim suatu rangsang. Sel-sel tubuh suatu organisme yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama akan bekerja sama membentu jaringan. Jaringan saraf tersusun atas jutaan sel saraf yang saling bergabung dan dapat meneruskan sinyal rangsang ke seluruh bagian tubuh.

Loading...

Berbagai jaringan akan berkumpul menjadi satu membentuk organ tubuh. Beberapa organ tubuh yang terbentuk oleh jaringan saraf, antara lain otak, sumsum tulang belakang, dan simpul saraf.  

Beberapa jenis organ saling berhubungan dan menjalankan fungsi tertentu membentuk sistem organ. Otak mengirimkan pesan melalui sumsum tulang belakang yang selanjutnya akan diteruskan ke simpul saraf menuju bagian tubuh yang lain, seperti organ indera. Akhirnya seluruh sistem organ bergabung membentuk suatu organisme berupa hewan atau tumbuhan.

Loading...

Teori tentang sel pertama kali dikemukakan oleh ahli botani Jerman Jacob Schleiden (1804-1881) pada tahun 1838. Dia berpendapat bahwa semua tubuh tumbuhan terdiri atas sel-sel. Setahun kemudian, pendapat ini diperluas oleh Theodor Schwann (1810-1882) yang mengemukakan bahwa semua makhluk hidup tersusun dari sel – sel. Teori sel selanjutnya dikemukakan oleh Rudolph Virchow (1821-1902). Menurut Virchow, sel hanya dapat terjadi dari sel yang sudah ada, maksudnya sel-sel pada suatu organisme berasal dari sel yang mengalami pembelahan berulang-ulang.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel Hewan sebagai berikut:

  1. Sel hewan tidak memiliki dinding sel, hanya memiliki membran sel tipis
  2. Sel hewan tidak memiliki plastida
  3. Sel hewan tidak memiliki rongga sel (vakuola) , atau apabila ada ukurannya sangat kecil.
  4. Sel hewan memiliki sentriol
  5. Sel hewan memiliki lisosom
Loading...

Sel Tumbuhan sebagai berikut:

  1. Sel tumbuhan memiliki dinding sel dan membran sel, dinding sel terdiri atas selulosa sehingga dindingnya kuat
  2. Sel tumbuhan memiliki plastida terutama kloroplas
  3. Sel tumbuhan memiliki rongga sel (vakuola) yang besar
  4. Sel tumbuhan tidak memiliki sentriol
  5. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *